PAMSIMAS Desa Taruman Kecamatan Klambu

August 22, 2014 at 5:37 am Leave a comment


PAMSIMAS desa Taruman Klambu

PAMSIMAS desa Taruman Klambu

Alhamdulilah Desa Taruman Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Mendapatkan Program PAMSIMAS sebesar Rp. 223.000.00 (dua ratus dua puluh tiga juga rupiah). Dan Waktu Pelaksanaan Proyek dari tanggal 2014-04-01 sampai dengan 2014-12-31 seperti yang dapatkan di sini.

Sebelumnya saya akan membahas seputar PAMSIMAS, Sistem Proses Kerja Pamsismas dan Tujuan dari program Pamsismas itu sendiri.

Pamsimas adalah (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) kegiatan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang dananya berasal dari kontribusi masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan Bank Dunia. Kegiatan ini didukung oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai executing agency bersama dengan Departemen Dalam Negeri dan Departemen Kesehatan.


Tujuan program Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran kota (peri-urban)
Sasaran program ini adalah kelompok miskin di perdesaan dan pinggiran kota (peri-urban) yang memiliki prevalensi penyakit terkait air yang tinggi dan belum mendapatkan akses layanan air minum dan sanitasi.

  • Sumber dana pamsismas berasal dari : Pendanaan proyek Pamsimas melalui sumber dana kredit IDA (International Development Association) No. Cr. 4204-IND, Rupiah Murni dan Rupiah Murni Pendamping dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten/kota, dan Dana Kontribusi Masyarakat.
  • Alokasi Pansismas melalui  BLM Desa/kelurahan, bantuan dana yang diberikan langsung kepada masyarakat untuk membiayai kegiatan Pamsimas pada sarana air minum dan kesehatan masyarakat yang dituangkan dalam RKM, dan Alokasi Non BLM, bantuan dana diluar BLM untuk menunjang pelaksanaan kegiatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa. Dana ini meliputi pengadaan barang, lokakarya dan pelatihan komponen, Jasa Konsultan dan lain sebagainya.

Namun ternyata banyak program pamsimas yang bermasalah seperrti yang saya dapatkan di sini : Panitia Pelaksana Program Pamsimas Diduga Gelapkan … Proyek Pamsimas Bermasalah – Sriwijaya Post,, Komisi B Temukan Proyek Pamsimas Bermasalah, Penegak Hukum Diminta Segera Memproses Proyek Pamsimas yang Bermasalah dan mungkin masih banyak lagi, Silahkan googling.!

Semoga Program pamsimas dapat berjalan dengan mulus tanpa ada hambatan yang berarti, terutama proram pamsimas yan berada di daerah kami, desa Taruman, Kecamatan Klambu Kabupaten Groboan – Jawa Tenah. [@masdar]

Entry filed under: Artikel Purwodadi, Blogger Grobogan, Forum Purwodadi, Grobogan, Grobogan Blogger, Grobogan Blogger Community, Hutan Grobogan, Kesehatan Purwodadi, Komputer Purwodadi, Komunitas Purwodadi, Pemda Grobogan, Pendidikan Grobogan, Pertanian Grobogan, Potensi, Purwodadi, Seputar Grobogan, Seputar Purwodadi, UKM & IKM Grobogan. Tags: .

Komunitas Anak Rantau Putra Grobogan Video Curhat TKW Penak To? Yo Penak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bali NdeSo

telematika indonesia
telematika indonesia

Blog Stats

  • 135,367 hits