Pola Hidup Dunia Teknologi Informasi

May 22, 2011 at 12:58 am 1 comment


Teknologi Informasi InternetPerubahan bisa dianggap sebagai suatu hal yang baik, atau sedikitnya mengarah ke perbaikan, terutama kalau kita menginginkan perubahan. Belakangan mi banyak sekali perubahan di teknologi informasi, demikian juga dibidang telekomunikasi – kebanyakan disebabkan karena desakan dan dahsyatnya kompetisi didunia bisnis di era dini.

Setiap kali kita mengenyami suatu perubahan dan bertikir bahwa ini-lah yang tercanggih, ternyata umur kecanggihan itu bersifat sementara, sesuatu yang lebih canggih akan muncul di arena teknologi, dan muncul di pasar sebagai produk yang tersedia untuk masyarakat umum.

Perubahan di dunia PC dan Telekomunikasi sedemikian cepat, pada tiga tahun terakhir mi kita sudah lupa bahwa teknologi yang lalu sudah tidak Iaik untuk bisa dimanfaatkan untuk aplikasi yang dibutuhkan sekarang.

Cellphone teknologi sudah mengarah ke broadband 2.3G dan 3G dimana para teknologist sudah yakin untuk bisa memanfaatkan cellphone untuk kebutuhan multimedia dengan bandwith diatas 512kbps, jadi bukan hanya untuk kemudahan menelpon seseorang dimana saja dan kapan saja, tetapi juga untuk bisa men g-download calendar, diary, email, baik anda berhenti atau sedang bergerak, baik anda berada di Jakarta ataupun sedang berada di Argo Gede menuju Bandung.

Speech recognition teknologi yang menyediakan suara sinthesis mendekati suara natural dan memahami instruksi yang mudah, sudah merupakan standard bagian dan perkembangan teknologi informasi meng-komplementasi perkembangan teknologi komputer.

Pertanyaan yang selalu di benak saya dan pembaca, dan merupakan pertanyaan yang cukup normal yang selalu disampaikan ke saya adalah, apakah kita bisa berubah secepat perubahan yang terjadi, bagaimana dengan teknologi 6 bulan yang lalu, apakah merupakan transisi dan kadaluwarsa. Jawabannya yang mungkin belum tentu akan tepat ke seluruh lapisan masyarakat luas adalah, bahwa perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi tidak bisa di stop, maupun di tunda, akan terjadi apakah kita siap atau tidak.

Yang lebih penting adalah bagaimana bisa mengantisipasi kan perubahan mi, yang sekarang merupakan siklus yang ter-prediksi. Dengan membekalkan din kita dengan pengetahuan mengenai teknologi trend, keputusan untuk membeli bisa dilakukan dengan lebih bijaksana. mi merupakan salah satu misi dan Intel untuk bisa membenikan gambaran yang jelas kemana pengarahan perkembangan teknologi intonmasi.
Akses mengenai perkembangan teknologi sekanang, seiain bisa di peroleh dan marketing atau sales staff dan perusahaan TI, yang mungkin bisa dianggap bias karena kecendenungan untuk memihak ke produk mereka, sekarang sudah bisa di akses Iangsung ke bebenapa web situs yang tersedia untuk siapa saja. Anda bisa mengakses perusahaan A, bandingkan dengan perusahaan B, maupun mengakses perusahaan yang bersifat independen dan berfungsi untuk menganalisa penkembangan teknologi tersebut, misalnya badan standandisasi dunia, atau perusahaan swasta yang berkecimpung di bidang tersebut.

Sebagai karyawan di era dini, kita tidak perlu secana fisik untuk duduk dikantor ben-jam jam, telecommuting sudah merupakan hal yang Iazim dimana dengan cellphone dan notebook anda bisa mengakses data, email, fax, voice mail dimana pun anda berada. Dan di beberapa perusahaan yang saya tahu, staff berkumpul seminggu lx atau 2x seminggu untuk rriengadakan status meeting atau meeting penting lainnya, malah dengan absensia anda tetap bisa bergabung dengan meeting tersebut kanena penusahaan telekom anda bisa menyediakan conference call multi parti dengan harga yang terjangkau. lni merupakan aspek bisnis nilai tambah untuk penusahaan telekom dengan membenikan fasilitas tersebut. Selain conference call, penusahaan telekom juga bisa membenikan jasa untuk voicemail ataupun fax mail yang bisa di route/alihkan ke email inbox anda.

Shopping di mall akan menemukan titik keseimbangan dengan tumbuhnya e¬business business to consumer. Meskipun di Indonesia menurut bebenapa pakar internet mi masih merupakan hal yang langka, mungkin pemenintah atau NGO bisa menyelidiki penyebab hambatan. Pembelian ticket kapal terbang, kereta api sudah mulai memasuki dunia online dan berjalan sangat Iancar di negara negara tertentu.

lngin mencani peluang kerja, anda tinggal memasuki job online search dan memilih peluang yang tepat untuk anda. Birokrasi untuk menyusun resume, menginim melalui pos, dan menuggu interview balasan surat anda pun waktunya bisa menjadi minim dengan adanya email.

Membaca benita di sunat kabar, atau mencani artikel yang sesuai dengan selera anda setiap pagi, anda bisa berlangganan dengan portal tertentu dimana anda bisa meng-kustomisasi web page anda supaya benita yang merupakan pnionitas akan selalu dihalaman pertama di situs anda. Apakah konvensional surat kabar akan tercampak?

Online newspaper merupakan komplementer yang kuat untuk tradisionil surat kabar. Pembaca online newspaper di America menurut statistik dan Newspaper Association of America, cukup tinggi, dimana 67% pelanggan internet membaca daily online newspaper dan 74% membaca surat kabar minggu. Dan menurut survey yang sama, pembaca online newspaper tidak mengunangi waktu untuk membaca tradisionil surat kabar semenjak meneka membaca versi online, kanena dianggap sebagai pelengkap. Yang menjadi kenyataan dan alasan yang kuat adalah, versi online tidak bisa dilipat, dibaca di WC, keneta api, ataupun mobil.
Bagaimana dengan urusan per bank an, pembelian grocery, akses mateni untuk dunia pendidikan, advis untuk kesehatan, maupun horoskop anda yang selalu uptodate di pagi han. lnipun bisa dilakukan dengan internet banking, online grocery shopping, akses library yang mungkin sudah terkoneksi dengan bebenapa perpustakaan lainnya maupun toko buku yang mungkin mempunyai stock untuk kebutuhan anda.

Medical Advice online servis pun tersedia untuk membenikan advis mengenai gejala darah tinggi, kencing manis, obat yang tersedia dan efek sampingannya. Untuk pelajan yang mempunyai akses ke WVVW, mereka pun bisa mendapatkan informasi yang dicani baik dan industri yang bersangkutan, maupun dan sumber akademis diluar sekolah atau perguruan tinggi mereka. Kemungkinan besar sumben informasi untuk research malah akan Iebih akurat dan lebih realistik dan industni yang jauh lebih dekat ke kebutuhan pasar danipada teks book yang bisa membenikan outline secana teoni.

Pendidikan berbasis komputen berarti kampus anda adalah bangku di rumah anda yang mungkin lebih nyaman dan dengan suasana yang lebih kondusif untuk mencari dan mempelajari ilmu pengetahuan.

Untuk ibu numah tangga, mencani resep masak, dan penjuru dunia sekarang bukan berarti membeli buku masak yang kemungkinan besan barang import, tebal dan berat dan akan memakan tempat di bookshelf anda. Dengan Search Engine di website yang tersedia anda bisa mencani resep Boston Brownie, Clam Chowder, Spagghetti Maninara, dalam beberapa menit, tentunya anda membutukan printer untuk bisa mem-pnint out resep tersebut mengingat betapa sulitnya jika anda membawa notebook atau PC anda kedapun dan harus online terus menerus selama anda melakukan gourmet experiment anda.

Gaya hidup yang bersitat “search, point, click and get, while you are online” di Internet tidak bisa dibendung, demikian juga dengan pesatnya telekomunikasi teknologi dengan cellphone dimana anda bisa dikejar oleh caller dimana pun anda berada, anda bisa mengakses fax, voicemail, videomail dan email biasa dan Warnet dengan notebook ataupun dan cellphone anda. Apakah mi merubah kanakter manusiawi kita semua? Jawabannya, belum tentu.

Manusia menciptakan palu dan paku untuk membuat furniture lebih mudah, danipada memukul paku atau wooden peg dengan batu di zaman dulu, tukang kayu tetap menjalankan craftsman nya tetapi dengan penalatan yang lebih maju dan mempermudah. Penulis buku (author), mempunyai nasa takut dengan lahirnya mesin tik, karena terbiasa dengan kertas, pencil dan penghapus, perubahan yang lebih dahsyat lagi dengan lahirnya komputer dan printer. Apakah penulis berhenti menulis dengan teknologi peralatan yang lebih canggih dan tensedia, penulis tetap menulis, jurnalist tetap menulis membawa benita, hanya penkakasnya berbeda, kertas dan pensil masih dipakai, tetapi kemudahan dan fleksibilitas wondprocesson, PC dan printer tidak ditinggalkan. [WSO7032000]

Entry filed under: Agama, Artikel Purwodadi, Asal Nama, Banten Go Open Source, Berita Mudik, Blogger Banten, Blogger Grobogan, Blogroll, Forum Purwodadi, Geografis, Grobogan, Grobogan Blogger, Grobogan Blogger Community, Hutan Grobogan, Info Mudik 2008, Kesehatan Purwodadi, Komputer Purwodadi, Komunitas Purwodadi, Linux Banten, Marc Chagall, Pemda Grobogan, Pendidikan, Pendidikan Grobogan, Penduduk, Pertanian Grobogan, Peta Mudik, Pilkada Jatim, Potensi, Purwodadi, Quick Count Pilkada, Relawan Telematika, Sejarah, Seputar Grobogan, Seputar Purwodadi, UKM & IKM Grobogan, www.grobogan.go.id. Tags: .

Tambahan Untuk HomePage – Website Anda Peluang Investasi Jawa Tengah – Grobogan

1 Comment Add your own

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bali NdeSo

telematika indonesia
telematika indonesia

Blog Stats

  • 135,220 hits