Pelatihan Internet Suku Baduy

June 12, 2010 at 8:49 am 4 comments


Internet Baduy @MasDar

Internet Baduy @MasDar

Dengan mengucapkan basmalah dalam penggutingan rangkaian melati, Seketaris Daerah Propinsi Banten Muhadi dan EGM DCS Barat Mas’ud Khamid meresmikan Pusat Pelatihan Internet di SD Negeri II Bojong Menteng Leuwi Damar, Desa Ciboleger berdekatan dengan kampong Baduy Luar, Kabupaten Lebak Rabu siang (09/06). Hadir saat peresmian, Senior Leader DCS Barat, H. Kasmin, anggota DPRD, yang juga kesepuhan warga Leuwi Damar, Muspida Lebak, Kepala Dnias Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perhubuhan , Dinas Sumber Daya Pemungkiman, Jarojaenah, Jaro Tantu, Camat, Lurah , serta Polsek dan Koramil, para Guru SD bojong II Menteng.

internet baduy foto @masdar

internet baduy foto @masdar

Seketaris Daerah Propinsi Banten Muhadi, yang mewakili gubernur Banten yang sedang tugas ke Jakarta, dalam sambutannya menyampakian atas nama propinsi Banten menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Telkom, dalam membantu dan mencerdaskan masyarakat Banten pada umumnya khususnya masyarakat Desa Ciboleger melalui SD SD Negeri II Bojong Menteng Leuwi Damar.

Halini merupakan suatu jawaban dari permasalahan ketimpangan yang dihadapai oleh Propinsi Banten.Selatan agar tidak tertinggal, katanya. Daerah ini, udaranya sejuk berbatasan Baduy Dalam dan Baduy Luar. Nantinya anak-anak kita yang sekolahnya diperbatasan Baduy Dalam dan Luar dapat memanfaatkan internet untuk belajar dan meningkatkan prestasi. Ia berharap kepada Pemda Lebak dengan masuknya internet bisa mempromosikan wisata Baduy. Mudah-mudahan upaya dari Telkom medapatkan balasannya dari Allah, sehingga bisa berkembang lagi, ujar Muhadi.

Sementara EGM DCS Barat Mas’ud Khamid mengutarakan bahwa kunjungan kerja DCS Barat ke Leuwi Damar merupakan untuk dapat bersilaturahmi dalam membangun kemajuan bersama terutama dalam infrastruktur telekomunikasi. Sepuluh perangkat komputer internet yang ada di SD ini menggunakan akses network broadband, tambah Mas’ud, dan atas nama manajemen Telkom mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah propinsi Banten Kabupaten Lebak dan masyarakat Luwei Damar.

Tutor Internet Baduy

Tutor Internet Baduy

Ia pun berharap pusat latihan internet ini benar-benar dimanfaatkan untuk mencerdaskan warga disini, semoga nantinya menjadi rangking satu ujian nasional. Mari kita sikapi internet dengan positif. Dengan kampung internet, saudara kita di Baduy yang kaya nilai-nilai budaya dan alamnya, bisa dikenal keseluruh dunia, sehingga nantinya banyak wisatawan akan berkunjung kesini, tutur Mas’ud Khamid.

Disela-sela acara tersebut, Telkom melakukan Penandatanganan MoU Pusat Pelatihan Internet SD Bojong Menteng II sekitar Baduy dengan komite SD Bojong Menteng II Leuwi Damar, desa Ciboleger Baduy. Selanjutnya, Telkom menyerahkan bantuan berupa 10 unit komputer bundling dengan speedy selama 1 bulan, dan 2000 bibit pohon Albasiah, 100 bibit pohon jati, 500 pohon kelapa, dan paket sembako kepada masyarakat Baduy. sumber : |telkom.co.id|

Entry filed under: Artikel Purwodadi, Asal Nama, Berita Mudik, Blogroll, Forum Purwodadi, Grobogan, Info Mudik 2008, Komputer Purwodadi, Pemda Grobogan, Pendidikan Grobogan, Seputar Grobogan, Seputar Purwodadi. Tags: .

Relawan TIK Banten go to Baduy KIP PROVINSI BANTEN feat KOMINTEL BANTEN

4 Comments Add your own

  • 1. imtikhan  |  July 3, 2010 at 5:14 am

    GROBOGAN BERSEMI

    Reply
  • 2. maya  |  October 17, 2010 at 5:47 am

    Wee..ss
    Keren bgt Suku baduy dach Modern …!!

    Reply
  • 3. qawi  |  January 9, 2011 at 11:39 pm

    kebetulan saya pernah melakukan penelitian di baduy..jadi cukup cinta dengan tempat tersebut!catatan saya untuk artikel di atas..
    besarnya akulturasi baduy dengan dunia luar akan semakin membuat nilai asli baduy hilang! nilai yang menjaga alam, nilai yang menjaga aturan, nilai yang membuat mereka bertahan..
    coba tanya urang baduy..apa modernitas adalah hal yang mereka inginkan? akang dan teteh, hati! banyak orang yang mengkapitalisasikan baduy untuk kepentingan perutnya sendiri.

    Reply
  • 4. asma  |  January 2, 2012 at 2:40 pm

    Saya setuju dengan mbak Qawi.. modernitas tidak selalu dibutuhkan semua komunitas. keterasingan merupakan kebutuhan suku Baduy. jadi mengapa mengambil kebutuhan mereka seolah-olah kita yang paling tahu kebutuhan mereka? sekolah formal dan tekhnologi saja menurut auran adat mereka dilarang.. kok di ajarin internet segala ya…ditambah sembako lagi.. mending pelatihan internet di sekolah-sekolah jakarta yang belum punya komputer dan akses speedy. kayak ndak tahu ja, internet isinya gak semua baik… saya kira telkom salah sasaran.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bali NdeSo

telematika indonesia
telematika indonesia

Blog Stats

  • 135,367 hits