Relawan TIK Banten go to Baduy

June 9, 2010 at 2:00 am Leave a comment


Rabu, 9 Juni 2010 merupakan saat-saat patut ditulis dalam sejarah dimana masyarakat Baduy di pedalaman Kab. Lebak Prov. Banten yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang masih tergolong sebagai Suku Terasing kini mereka sudah dapat mengenal Internet.  Relawan TIK Provinsi Banten turut serta berperan aktif dalam kegiatan Pelatihan Internet Baduy bersama dengan rekan-rekan dari Dishubkominfo Provinsi Banten. Jika masyarakat Baduy saja sudah mengenal Internet bagaimana nih dengan masyarakat perkotaan? Jika masih ada yang belum bisa menggunakan Internet apa nggak malu? Pada hari itu telah diresmikan beroperasinya Community Access Point (CAP) berupa 10 Unit Komputer dengan Koneksi Internet menggunakan Teknologi VSAT yang di fasilitasi oleh PT. Telkom. Peresmian dilakukan oleh Sekda Provinsi Banten Bapak Ir. H. Muhadi, MSP dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat Provinsi Banten, Kabupaten Lebak dan PT. Telkom. Peresmian ditandai dengan penyerahan secara bibit Pohon penghijauan kepada tetua adat Baduy Luar dan Baduy Dalam dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Fasilitas CAP tersebut di tempatkan di SD Negeri 1 Bojongmenteng yang terletak di perbatasan Baduy Luar dan Baduy Dalam. Ingin mengetahui lebih jauh tentang Baduy? Buka saja situsnya http://www.kampungbaduy.com/


Pelatihan Internet Baduy

Komunitas Relawan Telematika Provinsi Banten pada tanggal 9 Juni 2010 turut menyukseskan peresmian Community Access Point berupa sarana komputer sebayak 10 unit dengan Akses Internet melalui VSAT yang di fasilitasi PT. Telkom. CAP yang sedianya akan diresmikan oleh Gubernur Banten tersebut akhirnya di resmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ir. H. Muhadi, MSP. Masyarakat Baduy di wilayah Provinsi Banten yang selama ini dikenal sebagai masyarakat pedalaman yang masih memegang teguh tradisi kebudayaan yang anti modernisasi saat ini sudah mengenal teknologi Internet. Tentu saja masyarakat yang diberi fasilitas tersebut adalah masyarakat Baduy luar. Sedangkan Masyarakat Baduy Dalam masih merupakan masyarakat yang disebut Suku Terasing. Untuk menempuh perjalanan ke Baduy Dalam masih harus menempur perjalanan kaki sejauh sekitar 12 Kilo Meter atau sekitar dua setengah jam perjalanan kaki dengan medah yang cukup terjal.

Disela-sela pelatihan tersebut, kami menanyakan perihal pendidikan ke salah satu peserta dengan menanyakan pendidikan sekoah terakhir yang pernah diikuti. Ternyata mereka tidak pernah sekolah secara resmi. Mereka bisa membaca dan menulis dari belajar sendiri atau belajar di luar sekolah.  Dalam perjalan menuju lokasi CAP yang dipasang di SD BojongMenteng I tersebut kami dapati anak-anak sekolah SD yang berjalan kesekolah sambil menenteng sepatunya bukan karena becek tapi pada jalanan kering dan berbatu. Jadi mereka lebih sayang jika sepatunya rusak daripada kakinya yang rusak.


Rabu, 9 Juni 2010 merupakan saat-saat patut ditulis dalam sejarah dimana masyarakat Baduy di pedalaman Kab. Lebak Prov. Banten yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang masih tergolong sebagai Suku Terasing kini mereka sudah dapat mengenal Internet.  Relawan TIK Provinsi Banten turut serta berperan aktif dalam kegiatan Pelatihan Internet Baduy bersama dengan rekan-rekan dari Dishubkominfo Provinsi Banten. Jika masyarakat Baduy saja sudah mengenal Internet bagaimana nih dengan masyarakat perkotaan? Jika masih ada yang belum bisa menggunakan Internet apa nggak malu? Pada hari itu telah diresmikan beroperasinya Community Access Point (CAP) berupa 10 Unit Komputer dengan Koneksi Internet menggunakan Teknologi VSAT yang di fasilitasi oleh PT. Telkom. Peresmian dilakukan oleh Sekda Provinsi Banten Bapak Ir. H. Muhadi, MSP dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat Provinsi Banten, Kabupaten Lebak dan PT. Telkom. Peresmian ditandai dengan penyerahan secara bibit Pohon penghijauan kepada tetua adat Baduy Luar dan Baduy Dalam dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.Fasilitas CAP tersebut di tempatkan di SD Negeri 1 Bojongmenteng yang terletak di perbatasan Baduy Luar dan Baduy Dalam. Ingin mengetahui lebih jauh tentang Baduy? Buka saja situsnya http://www.kampungbaduy.com/

Entry filed under: Artikel Purwodadi, Grobogan, Komputer Purwodadi, Komunitas Purwodadi, Pendidikan Grobogan, Penduduk. Tags: .

QUICK COUNT PILKADA KABUPATEN Pelatihan Internet Suku Baduy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bali NdeSo

telematika indonesia
telematika indonesia

Blog Stats

  • 135,367 hits