Prediksi Pilkada Jatim

July 22, 2008 at 10:37 am 1 comment


Besok lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur. Mereka akan memperebutkan sekitar 29 juta suara pemilih. Sehari menjelang pencoblosan, tepatnya sejak Selasa (22/7) pagi, panitia pemungutan suara atau PPS di Kota Surabaya serentak mendistribusikan logistik pemilihan langsung tersebut. Para petugas itu pun mendapat pengawalan ketat polisi. Saat ini ada 62 ribu lebih tempat pemungutan surat atau TPS telah disiapkan di seluruh Jatim [baca: Pilkada Jatim Digelar Besok].

Seiring dengan persiapan terakhir pilkada, Gubernur Imam Utomo dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jatim Wahyudi Purnomo pun menggelar inspeksi mendadak alias sidak ke Mojokerto. Sidak ini menyusul diberitakannya banyak warga Mojokerto yang tidak mendapatkan kartu pemilih. Dalam kesempatan ini, Gubernur menyatakan tanggung jawab pendistrubusian kartu pemilih ada di KPU setempat. Namun Ketua KPU Jatim berdalih tidak melihat adanya masalah karena pengiriman terus diupayakan hingga satu jam sebelum pencoblosan [baca: Pembagian Kartu Pemilih Amburadul].

Terkait Pilkada Jatim, SCTV bersama Harian Kompas akan mengadakan prediksi atau penghitungan cepat. Data yang akan dikumpulkan berasal dari 400 TPS yang tersebar di 38 kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Setiap data yang masuk selalu dicek ulang oleh tim konfirmator.

Pengumpulan data yang akurat dan cermat sangat penting. Karena dengan lebih 29 juta pemilih dan lima pasang calon, Pilkada Jatim menjadi pilkada terbesar di Indonesia. “Banyak pasangan kandidat yang berlaga dalam pilkada, maka juga akan semakin tipis beda suara di antara mereka,” ujar B.E. Satrio, salah satu peneliti di Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas.

Penghitungan cepat ini adalah yang ketiga kali dilakukan Kompas. Hasil dari dua pilkada sebelumnya menunjukkan hasil yang paling mendekati hasil akhir yang diumumkan KPU daerah. Dengan angka simpangan yang sekitar 0,11 sampai 0,52 persen, maka presisi penghitungan cepat Kompas lebih mendekati angka final KPUD. Bersama SCTV, Kompas akan menyiarkan secara langsung hasil prediksi, tidak lama setelah pencoblosan.

“Tapi ini adalah unofficial research, hasil resmi ada pada KPU Jawa Timur,” kata Budiman Tanuredjo, Redaktur Pelaksana Kompas saat berbincang dengan wartawan SCTV Bayu Sutiyono dalam dialog di Studio Mini SCTV-Kompas di Surabaya, Selasa petang. Menurut Budiman, Litbang Kompas mencoba melakukan presisi jurnalis. “Kita punya litbang dan ada instrumen-instrumen dalam ilmu sosial yang kita bisa adopsi untuk memprediksikan sebuah proses penghitungan suara di TPS,” kata Budiman.

Budiman menjelaskan, Litbang Kompas mempunyai pengalaman dalam memprediksi dua pilkada, DKI Jakarta dan Jawa Barat, dengan mendekati presisi. “Tidak keliru…semua di bawah satu margin error adalah benar,” kata dia. Budiman pun menjelaskan faktor yang menyebabkan hasil prediksi Kompas yang presisi. “Yang menentukan sekali tingkat presisi adalah bagaimana mengambil sampel itu sendiri,” ujar Budiman. (ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

Entry filed under: Pilkada Jatim, Quick Count Pilkada. Tags: .

Lagu Orang Bilang SBY Pantau Pilkada Jatim

1 Comment Add your own

  • 1. xohta  |  November 4, 2008 at 6:56 am

    mungkinsaat ini prediksi yang akan dimenangkan oleh pasangan pakde karwo, kemungkinan juga dalam pemilihan pil gub kali ini adalah pilihan tersengit dalam kancah politik jatim yang ingin maju dalam babak final kursi pemerintahan di lingkup gubernur, kemungkinan 40% pakde, 35% pasangan kaji, dan yang golput bisa juga 25%, ini terkait masalah politik dalam pilgub putaran pertama antara pakde dengan kaji dengan selisih beberapa % saja antara 26% dengan 24%, makanya dalam kancah politik ini kemungkinan golput akan lebih besar di bandingkan dengan pilgub putaran pertama, karena ada individu yang merasa dengan masing-masing pasangan tersebut dan problematika ketika pilgub putaran pertama.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bali NdeSo

telematika indonesia
telematika indonesia

Blog Stats

  • 135,367 hits