Grobogan Belajar Wajar Dikdas ke Bogor

December 13, 2007 at 2:43 pm Leave a comment


Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor belakangan ini menjadi acuan sejumlah pemerintah daerah lain. Setelah Pemda Temanggung, Jawa Tengah, dan Temanggung, Bali, giliran Pemda Grobogan, Jawa Tengah belajar manajemen pendidikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Rombongan yang berjumlah 25 orang dan dipimpin Asisten Administrasi Pemda Grobogan, Sri Mulyadi, diterima Kepala Bagian Tata Usaha Disdik, M Lukman, Kabid Dikdas Dedi Supriadi, Kabid Dikluspora Entis Sutisna, dan sejumlah mitra pendidikan serta kepala SMP/SMA yang bertempat di aula gedung I Disdik Kabupaten Bogor.
Dalam studi banding tersebut, Pemda Grobogan lebih banyak belajar tentang penerapan program pendidikan wajib belajar sembilan tahun di Kabupaten Bogor. Selain itu, menyangkut persiapan Dinas Pendidikan dalam menyongsong PP Nomor 41 tahun 2007 mengenai Organisasi Tata Kerja (OTK). Kami ingin belajar dan terus belajar mengenai pendidikan. Karena itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menjadi acuan untuk
menimba ilmu. Baik wajar dikdas dan lainnya kata Asisten Administrasi Pemda Grobogan, Sri Mulyadi.
Kepala Bagian Tata Usaha Disdik, M Lukman, mengungkapkan ada beberapa program unggulan DinasĀ  Pendidikan. Yaitu, penyelenggaraan kualifikasi guru berijazah D2 ke SI yang dananya dibiayai pemerintah daerah. \”Tahun 2007 ini kita menyekolahkan secara gratis ke perguruan tinggi sebanyak 1.160 orang.

Program lain kita memberikan fasilitas kendaraan roda untuk pengawas UPTD, tahap pertama 20 motor dan tahap berikutnya 23 motor,\” katanya. Selain itu, lanjut Kabag, pembinaan program Redional Education Depelopment and Improvement Program -Goverment (Redip- G) sangat membantu dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Kesuksesan program Redip-G di Kabupaten Bogor salah satunya meningkatnya lulusan pada tahun 2006 yang indikatornya dilihat dari kesuksesan ujian nasional secara signifikan.
Anggaran pendidikan APBD Kabupaten Bogor belum menyentuh 20 persen. Mudah-mudahan dengan dibinanya delapan kecamatan oleh Redip-G kedepannya kita berharap Redip-G bisa membina 40 kecamatan. Setiap sekolah bisa mengajukan lebih dari satu paket.
Satu peket kegiatan didanai Rp25 juta dari pemerintah pusat, ujarnya. Sementara Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kabupaten Bogor, Dedi Supriadi menjelaskan, untuk menyukseskan wajib belajar pendidikan sembilan tahun Dinas Pendidikan telah membuka program SMP non reguler. Yaitu, Sekolah Menengah Pertama Satu Atap (SMPSA) yang berjumlah tujuh sekolah dan menampung 646 siswa.

Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT) sebanyak 42 sekolah di 31 kecamatan dengan siswa 11,085 orang dan Sekolah Menengah Pertama Kelas Jauh (SMPKJ) 21 sekolah dengan jumlah siswa 2.411 yang tersebar di 21 kecamatan. Rencananya, tahun 2008 kembali membuka dua SMPSA di Kecamatan Jonggol dan Sukamakmur.

Mengenai sekolah yang rusak ada sekitar 40 persen. Karena itu, anggaran pendidikan dasar untuk rencana tahun 2008 bidang fisik sekitar Rp67 miliar.Anggaran ini sedang dalam pembahasan panitia anggaran eksekutif dan legislatif, jelas Kabid Dikdas. Kabid Dikdas juga menyinggung pelaksanaa Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP). Menurut dia, kebijakan Disdik pada tahun 2006 KTSP diberlakukan untuk sekolah dasar kelas I dan IV. Tahun 2007 untuk siswa SD kelas II dan V, sedangkan tahun 2008 untuk siswa SD kelas III dan VI. Karena itu kita terus melakukan sosialisasi kepada guru-guru mengenai KTSP ini, ujarnya.

Entry filed under: Artikel Purwodadi, Pendidikan Grobogan, Seputar Grobogan, Seputar Purwodadi. Tags: .

ILPPD Kabupaten Grobogan 2007 Bajir Grobogan VS Sumbangan dengan Pamrih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bali NdeSo

telematika indonesia
telematika indonesia

Blog Stats

  • 135,220 hits