Ilagal Logging Grobogan

March 10, 2006 at 5:34 am 2 comments


Mahasiswa asal Purwodadi yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Grobogan (JMG), kemarin berdemo di Pengadilan Negeri (PN) Purwodadi. Mereka menuntut pengadilan menegakkan supremasi hukum dengan memprioritaskan penanganan kasus tindak pidana korupsi dan illegal logging.

Mereka juga menuntut pelaku koruptor yang sudah divonis pengadilan langsung dibawa ke Nusakambangan, seperti halnya kasus korupsi BPR-BKK Geyer dan Tegowanu. Bahkan, mendesak pelaku illegal logging di Desa Asemrudung, Kecamatan Geyer, yang diduga melibatkan pejabat penting di Pemkab Grobogan, diproses secara hukum. Sebab, kasusnya sudah lama ditangani Polda, Mabes Polri, dan PN. Namun, sampai sekarang tidak ada tanda-tanda ditangani sesuai dengan prosedur hukum. Padahal, barang bukti (BB) dan pihak yang dirugikan sudah sangat jelas, yaitu KPH Gundih.

Illegal logging di desa itu, kata seorang peserta demo, sudah dalam bentuk rumah joglo di pekarangan penduduk Desa Asemrudung. Bahan yang digunakan seluruhnya dari kayu jati ukuran besar dan pilihan yang didapat dari hutan di KPH Gundih.

Selain itu, massa meminta polisi, Kejaksaan, dan KPK menangkap tersangka baru sebagai aktor intelektual dalam kasus korupsi pengadaan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Terakhir, massa menuntut Departemen Kehakiman dan HAM menurunkan ketua PN Grobogan, karena diduga ikut mengamankan surat keterangan barang bukti (BB) dalam kasus illegal logging itu. Surat keterangan tersebut akhirnya keluar, setelah Polda Jateng mengirim surat permintaan penyitaan BB ke PN.

Koordinator demo Soly mengatakan, korupsi merupakan tindakan amoral dan kejahatan terhadap negara dan masyarakat.

Dia mengatakan, Inpres No 5/2004 tentang percepatan proses pemberantasan korupsi harus dihayati oleh para penegak hukum di Grobogan, termasuk PN. Terungkapnya kasus korupsi pengadaan proyek KTP dan KK merupakan ujian bagi para penegak hukum di daerah tersebut, untuk mengungkap kasus korupsi yang lain. Seperti pengadaan buku wajib dari PT Balai Pustaka dengan nilai tertinggi di Jateng, yaitu Rp 36,6 miliar, Peningkatan Ekonomi Rakyat (PER), dan penyimpangan dana tak tersangka dari tahun anggaran 2002-2005.

Tengah Jalan

Massa sebelumnya mengadakan aksi di tengah Jl R Suprapto, tepatnya di depan PN dengan membentangkan beberapa spanduk dan poster. Jalan sempat macet, meski hanya sebentar. Polisi mencoba membujuk mereka untuk menepi. Massa lalu berteriak-teriak di depan kantor PN, sambil menempelkan poster-poster yang berisikan berbagai tuntutan penegakan hukum di pagar kantor.

Di tempat itu, pendemo menyembelih ayam jago sebagai tanda matinya penegakan hukum di Grobogan. Massa juga membakar ban bekas, tetapi tidak sampai mengganggu ketertiban umum.

Saat demo berlangsung, Ketua PN Purwanto dan beberapa anggota majelis hakim dalam perkara KTP dan KK, tengah menyidangkan perkara tersebut dengan memeriksa terdakwa Soedjono, Wisnu, Syahiro, dan Direktur PT Karindo Semarang, yang memenangkan tender proyek KTP itu. Meski di luar sidang tengah berlangsung aksi demo dengan orasi dan meneriakkan yel-yel, jalannya sidang tidak terganggu.

Massa berorasi di depan pagar kantor pengadilan hingga sidang selesai. Setelah itu, diperkenankan masuk ke halaman kantor dan diterima langsung Ketua PN Purwanto didampingi stafnya. Ketua PN menyatakan siap menegakkan supremasi hukum di Grobogan, termasuk di dalamnya dalam menangani kasus illegal logging.

Entry filed under: Artikel Purwodadi, Hutan Grobogan, Pertanian Grobogan, Seputar Grobogan, Seputar Purwodadi. Tags: .

Dolog Diminta Amankan Harga Gabah Pelajar Jadi Kawanan Pemalsu Uang

2 Comments Add your own

  • 1. Agustina  |  September 19, 2008 at 12:43 am

    saya akan mengadakan penelitian di hutan sekitar daerah Grobogan sekitar 5 bulan yang akan datang. kira2 adakah nomor yang bisa saya hubungi???
    terimakasih

    Reply
  • 2. suryanto  |  March 25, 2010 at 11:01 am

    angel … mas wong wis mengurita…kok.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bali NdeSo

telematika indonesia
telematika indonesia

Blog Stats

  • 135,367 hits